Trekking Poles Black Diamond Distance Carbon Z


Saya termasuk tipe pendaki yang memiliki ketergantungan tingkat sedang dengan trekking poles. Dengkul yang menua ini sepertinya perlu mengurangi beban kerjanya selama pendakian. Trekking poles membantu keseimbangan tubuh dan mengurangi tekanan pada lutut hingga 25% ketika melintasi trek yang menurun. Trekking poles Black Diamond Distance Carbon Z akhirnya terpilih menjadi teman setia sejak 2016, karena pertimbangan pertamanya adalah bobotnya yang ringan . Spesifikasinya dapat diihat pada situs blackdiamond.

Trekking Pole Black Diamond Distance Carbon Z

Kenyamanan

Pegangan Distance Carbon Z terbuat dari busa sehingga nyaman untuk digenggam. Pemilihan busa daripada gabus lebih karena bobotnya yang lebih ringan. Tali pergelangan terbuat dari kain, sehingga kurang nyaman untuk pemakaian jangka panjang dibandingkan dengan jenis tali gelang yang memiliki bantalan.

Pegangan Distance Z dan Tali Pergelangannya

Bobot

Bobot adalah hal yang menjadi unggulan dari Distance Carbon Z. Dengan berat 350 gr per pasang, Distance Carbon Z menjadi jawaban untuk mereka yang ingin terbebas dari beban hidup, eh beban alat yang berlebihan.

Perbandingan berat Trekking Poles dari bebagai merek (sumber: Outdoorgearlab)

Kekuatan dan Kepraktisan

Distance Carbon Z memiliki bahan yang terbuat dari carbon fiber dimana bahan ini dikenal dengan kekuatannya dan bobotnya yang ringan. Sejauh ini tidak ada masalah terkait kekuatan trekking poles ini. Berkali-kali kebanting, nyangkut di batu, kepentok, tapi sejauh ini body masih bagus, hanya catnya saja yang lecet.

Distance Carbon Z ini sangat kompak ketika dikemas. Sangat cocok untuk mereka yang mendambakan keringkasan dan bisa dimasukkan dalam tas kecil. Namun kompensasi dari trekking poles tipe foldable/Z ini adalah tidak memiliki fleksibilitas dalam ukuran seperti trekking poles model telescoping

Distance Carbon Z pada posisi terlipat

Sistem Penguncian dan Pengaturan

Mekanisme penguncian menggunakan tombol tekan yang terletak di bawah grip. Pengunciannya sangat baik dan ringkas. Cukup menarik tongkat dan otomatis akan terkunci, tidak perlu lagi pengaturan untuk penyesuaian ukuran (hal ini yang menjadi keunggulan sekaligus kelemahan). Kemungkinan sistem penguncian akan terlepas ketika pemakaian juga sangat kecil. Istilah plug n play sangat cocok untuk trekking poles ini, Panjang Distance Carbon Z tidak dapat diatur, sehingga pengguna harus memilih panjang trekking poles yang benar-benar sesuai dengan ukuran tubuhnya. Tidak adanya pengaturan panjang juga menyebabkan tongkat ini sedikit kehilangan “fitur” multifungsinya seperti digunakan sebagai tiang tenda tipe tarp. Namun tidak adanya pengaturan panjang ini membuat struktur tongkat menjadi lebih rigid (kaku) dan kuat.

Letak Tombol Pengunci

Kesimpulan

Black Diamond Carbon Z ini cocok untuk mereka yang mendambakan peralatan ultra light dan tidak mau ribet dalam pengaturan. Kelebihannya adalah bobot yang sangat ringan tapi tidak mengurangi kekuatan dan daya tahannya (durability). Selain itu, sangat mudah untuk dikemas dan dibawa karena dapat dilipat dengan ukuran yang ringkas. Pengaturan dari kondisi terlipat hingga siap digunakan sangat ringkas dan cepat. Kelemahannya adalah ukurannya tidak bisa disesuaikan (non adjustable) sehingga harus benar-benar memilih ukuran yang pas sebelum membeli (tersedia dalam ukuran 100 cm, 110 cm dan 120cm). Ukuran yang paten ini tentu menyulitkan jika ingin melakukan perjalanan ultralight dengan tenda tipe tarp dimana trekking poles digunakan sebagai penyangga utama tenda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s